Beranda Berita

Fateta Unand Buka Jurusan Teknologi Industri Pertanian

Salah seorang mahasiswa berjalan di depan gedung Fakultas Teknologi Pertanian (Foto: Anjasman Situmorang).

Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Universitas Andalas (Unand) membuka jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIP) pada tahun 2019.

Sejak berdirinya Fateta pada tahun 2008, sudah direncanakan untuk membuka tiga jurusan, yaitu Teknik Pertanian (TEP), Teknologi Hasil Pertanian (THP) dan TIP. Namun sepuluh tahun belakangan hanya ada dua jurusan yang mengisi Fateta.

Alfi Asben selaku ketua persiapan operasional TIP mengatakan bahwa tujuan jurusan tersebut dibuka ialah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

“Alasannya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Sebenarnya sejak awal berdirinya Fateta ini sudah direncanakan dan diajukan untuk membuka tiga jurusan tersebut,” kata Alfi saat diwawancarai kru genta andalas pada Jumat, (7/12/2018).

Alfi juga menambahkan, jurusan ini dibuka karena program S2-nya sudah ada di Unand. Dengan demikian ada anggapan bahwa S2 akan eksis jika ada S1.

BACA JUGA:  Pergantian Kepengurusan, UKPM Genta Andalas Miliki Nahkoda Baru

Pengajuan untuk membuka jurusan TIP ini sudah dilakukan sebanyak dua kali, namun baru terealisasi di tahun 2019 mendatang. Hal ini disebabkan karena masih ada persyaratan tertentu dari Dikti yang belum terpenuhi untuk membuka jurusan TIP ini dan juga belum diterima pada pengajuan sebelumnya karena sudah ditutup.

Selain itu, Alfi juga menjelaskan, tenaga pengajar yang ada selama ini hanya cukup untuk jurusan TP dan THP saja, sehingga ini juga menjadi alasan lamanya dibuka jurusan TIP. Namun, saat ini sudah ada tujuh orang dosen tetap sebagai tenaga pengajar.

Wakil Dekan 1 Fateta, Hasbullah pun mengatakan bahwasanya salah satu kendala yang menyebabkan lamanya jurusan ini dibuka karena kesiapan sumber daya dan juga membutuhkan struktur untuk jurusan ini.

BACA JUGA:  BEM FE Payakumbuh Kecewa ‘Roadshow (lagi) ke Kampus 2 Payakumbuh’

“Kendalanya itu pada kesiapan sumber dayanya. Strukturnya belum terisi. Siapa ketua jurusan, sekretaris jurusan, tenaga administrasi yang membantu, dan dosen pengampuh masing-masing mata kuliah. Tapi sekarang sudah cukup banyak yang berpendidikan S3 di bidang Teknologi Industri. Kemudian ada lagi yang menempuh pendidikan di universitas lain yang dalam waktu dekat kembali ke Padang,” katanya, Kamis (6/12/2018).

Menurut Hasbullah, anggaran dan struktur menjadi hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai jurusan baru ini. Jurusan TIP siap untuk menerima mahasiswa baru pada semester ganjil 2019. Diperkirakan jurusan ini memiliki kuota sekitar 40 mahasiswa.

Reporter: Anjasman Situmorang

Editor : Ramadanil Fajri

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here