Genta Andalas-Padang, Kamis (27/09) Universitas Andalas gelar acara Workshop Pengembangan Seni Mahasiswa bertempat di ruang seminar Gedung F. Acara yang dijadwalkan akan dimulai pada pukul 08.00 WIB ini sempat ngaret satu jam lebih dari jadwal yang telah ditentukan sebelumnya oleh panitia pelaksana, dikarenakan terlalu lama menunggu kedatangan tamu undangan dari kalangan mahasiswa, dosen, dan pejabat-pejabat fakultas. Acara ini dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Novesar Jamarun, M.S, selaku Wakil Rektor III Unand. Meski tamu yang hadir jauh dari perkiraan, Novesar berharap kegiatan ini dapat berlangsung baik demi keikutsertaan Unand sebagai universitas non seni dalam ajang Peksiminas (Pekan Seni Mahasiswa Nasional) 2014 mendatang.

Workshop Pengembangan Seni Mahasiswa ini diadakan dengan tujuan untuk mengembangkan iklim akademik yang kondusif dalam meningkatkan prestasi mahasiswa di bidang kesenian baik di tingkat nasional ataupun internasional. Workshop ini turut dihadiri oleh Pembantu Rektor III Univeritas Negeri Padang, Dr. Alizamar, M.Pd, Kons. yang menyampaikan materi mengenai pendidikan seni di kalangan mahasiswa menuju Peksiminas. “Manfaatkan potensi alumni dan senior yang sudah sukses untuk mendapat dukungan moril maupun materil,” ungkap Alizamar saat dimintai tanggapannya mengenai minimnya anggaran untuk kegiatan seni di kampus Unand. Ia menambahkan bahwa diperlukan koordinasi, kolaborasi, dan networking dengan universitas lain yang mempunyai komunitas seni, sehingga meringankan beban yang tidak bisa ditanggung sendiri oleh Mahasiswa Unand.

Hal senada juga disampaikan oleh Marta Rosa, S.Sn, M.Hum. selaku Pembantu Rektor III ISI (Institus Seni Indonesia) Padang Panjang. Marta meminta secara langsung kepada Wakil Rektor III Unand dan berharap agar Unand berkolaborasi dengan ISI saat mengikuti Peksiminas. “Unand yang nyanyi nanti kami siapkan iringan instrumen orkestra dari ISI,” jelas Marta yang kagum mendengar kemerduan suara dari grup vokal Unit Kegiatan Seni (UKS) Unand yang turut mengisi hiburan di akhir acara workshop. <Nuri