Senin, 25 September 2017

Home » Berita » Sinyal WiFi Kuat, Koneksi Jaringan Ngadat

Sinyal WiFi Kuat, Koneksi Jaringan Ngadat

19 Desember 2015 - 12:53 WIB Kategori: Berita, Sorotan Kampus 0 Komentar A+ / A- Dilihat: 2.980 Kali

wifiWiFi (Wireless Fidelity) merupakan salah satu sarana penunjang akademik mahasiswa pada suatu universitas. Dengan disediakannya WiFi oleh pihak kampus, mahasiswa akan lebih cepat memeroleh informasi demi kepentingan perkuliahan tanpa harus menghabiskan waktu ke Warung Internet (Warnet) ataupun mengeluarkan biaya untuk mengisi pulsa modem.

Di Universitas Andalas (Unand), seluruh sivitas akademika bisa menggunakan WiFi yang dipasang hampir di seluruh gedung seperti rektorat, fakultas, gedung perkuliahan, perpustakaan, Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), asrama, serta gedung lainnya. Sebagai salah satu pusat kegiatan mahasiswa, WiFi di Perpustakaan Unand masih jauh dari harapan. Mahasiswa sering mengeluhkan koneksi internet yang lamban meskipun sinyal WiFi yang tertera di layar laptop tampak kuat.

Desi, salah seorang pengunjung perpustakaaan sering mengalami jaringan WiFi di perpustakaan yang tidak bisadigunakan. “Padahal sinyal yang tertera pada handphone saya penuh, tapi tetap tidak bisa digunakan,” keluh mahasiswa Fakultas Famasi ini.

Menjawab keluhan ini,Ahmad Syarifudin Indrapriyatna, Ketua LPTIK Unand. menjelaskan kapasitas WiFi di perpustakaan masih terbatas. “Satu WiFi normalnya dipakai oleh sepuluh hingga dua puluh pengguna,” jelas

Pernyataan yang sama dikatakan Azral, Kepala Perpustakaan Unand“Jumlah hotspot yang dipasang untuk perpustakaan terbatas, sekitar 26 dengan kapasitas untuk satu hotspot 10 pengguna. Sehingga hotspotini hanya bisa digunakan untuk 260 hingga 300 pengguna. Jika lebih dari itu maka tidak akan bisa terhubung,” jelasnya.

Lebih lanjut, Azral menyayangkan pola hidup mahasiswa saat ini yang menggunakan laptop ataupun gadget berlebihan. “Rata-rata mahasiswa memiliki lebih dari satu gadget, mereka menghubungkan semuanya ke WiFi pustaka, sehingga yang lain tidak bisa mengakses,” ujar Azral.

Perkataan Azral ini didukung oleh pernyataan Benny Adriasin, WiFi kebanyakan digunakan mahasiswa hanya untuk membuka media sosial. “Fasilitas konektivitas sudah memadai untuk mahasiswa. Mahasiswanya sendiri yang memanfaatkan untuk media sosial dan youtube secara berlebihan,” ungkap kepala divisi jaringan Perpustakaan Unand ini.

Beredarnya isu bahwa mahasiswa mempunyai program yang bisa menyedot bandwidth menjadi salah satu faktor lambannya koneksi WiFi. Muhammmad Ikbal, mahasiswa Teknik Elektro Unand menagatakan dengan menggunakan tools seperti netut, mahasiswa bisa memutuskan koneksi internet.

Netcut ini seperti halnya virus, komputer kawan yang diputuskan koneksinya tidak dapat terkoneksi ke jaringan yang sedang dihubungkan, oleh karena itu jaringan internet di laptop tersebut berjalan lamban atau tidak bisa sama sekali,” terangnya.

Lebih lanjut, Ikbal mengatakan kemungkinanlainnnya, router, alat yang mengirimkan sebuah paket data melalui jaringan yang terpasang di Perpustakaan tidak terkoneksi dengan wirelles. “Akibatnya koneksi internet tidak bisa digunakan meskipun wirelles pada area tersebut terkoneksi,” imbuhnya.

Ketika ditanyakan mengenai upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi ‘tangan jahil’ ini, Ikbal mengatakan saat ini Unand sudah menggunakan router mikrotik. “Router ini sudah dilengkapi fitur firewall untuk membendung usaha netcut tadi. Dengan adanya perangkat-baru, tindakan memutuskan jaringan internet dapat dicegah,” katanya.

Sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap penyediaan akses internet, Ahmad Syarifudin mengharapkan adanya pelaporan dari mahasiswa apabila WiFi tidak bisa terkoneksi. “Mahasiswa menyampaikan langsung jika ada WiFi yang tidak terkoneksi agar masalah ini segera ditindaklanjuti LPTIK,” ujarnya. (Ayu, Fitri)

Sinyal WiFi Kuat, Koneksi Jaringan Ngadat Reviewed by on . WiFi (Wireless Fidelity) merupakan salah satu sarana penunjang akademik mahasiswa pada suatu universitas. Dengan disediakannya WiFi oleh pihak kampus, mahasiswa WiFi (Wireless Fidelity) merupakan salah satu sarana penunjang akademik mahasiswa pada suatu universitas. Dengan disediakannya WiFi oleh pihak kampus, mahasiswa Rating: 0

Permalink : http://wp.me/p52sAd-2Pc

Tinggalkan Komentar

scroll to top