Jumat, 26 Mei 2017

Perihal Kami

Genta Andalas

Profil Genta Andalas

Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Genta Andalas bertujuan untuk mengembangkan wawasan, memunculkan kepekaan lingkungan, dan menjadi kontrol sosial dalam masyarakat kampus. Genta Andalas berdiri pada tahun 1975 tetapi pada masa itu masih bersifat unit kegiatan mahasiswa tingkat fakultas, dan belum bernama Genta Andalas. Resmi berdiri pada tanggal 16 Oktober 1986, dengan Surat Tanda Terbit nomor 336/Ditjen PPG/STT/1986.

Genta Andalas menerbitkan berita dalam bentuk tabloid, elektronik tabloid (e-Tabloid), serta portal berita gentaandalas.com yang meng-update berita setiap hari. Genta Andalas juga melaksanakan event tahunan Pekan Jurnalistik, Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar, Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional, Genta Goes To School, serta menjadi media partner berbagai kegiatan mahasiswa dan universitas.

Pada tahun 2005, Genta Andalas berhasil melakukan penerbitan untuk event tingkat nasional yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Tahun 2007, Genta Andalas menjadi media partner wilayah Sumatera untuk BBC World Service Siaran Indonesia pada tahun 2007-2009. Tahun 2013 Genta Andalas dipercaya menjadi media partner Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQ-MN) XIII.

 

Data Singkat Genta Andalas

Nama Organisasi : Genta Andalas

Tipe : Unit Kegiatan Pers Mahasiswa yang bergerak di bidang Jurnalistik

Pembina: Rembrandt, SH, M.Pd

Pemimpin Umum: Ayu Lestari.

Portal Berita : gentaandalas.com

Email: redaksi@gentaandalas.com, marketing@gentaandalas.com

Facebook : Genta Andalas

Fanpage : Genta Andalas

Twitter : @Genta_Andalas

Berdiri : 16 Oktober 1986 di Padang, Sumatera Barat

Visi :

  • Menampung dan menyalurkan aspirasi civitas akademika Universitas Andalas.
  • Membentuk masyarakat ilmiah yang penuh cita-cita luhur, mencintai, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran, keadilan serta kemanusiaan.
  • Mewujudkan terciptanya mahasiswa yang kritis, objektif, berinisiatif, dan kreatif sebagai insan pengabdi yang bertanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa, rakyat, bangsa, dan negara.

Misi :

  • Menerbitkan media mahasiswa Genta Andalas.
  • Mengadakan kegiatan-kegiatan lain yang menunjang tujuan UKPM Genta Andalas.
  • Menjalain kerja sama dengan berbagai pihak yang tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga UKPM Genta Andalas.

Kegiatan :

  1. Penerbitan Tabloid Genta Andalas
  2. Penerbitan Tabloid Genta Antara
  3. Pelatihan Jurnalsitik Tingkat Dasar (PJTD)
  4. Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) Nasional
  5. Pekan Jurnalistik
  6. Seminar Nasional
  7. Bina Bakat Minat dan Kepemimpinan (BBMK)
  8. Genta Goes to School dan Media

Prestasi :

  • Media Partner pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2005
  • Media Partner wilayah Sumatera untuk BBC World Service Siaran Indonesia pada tahun 2007-2009.(Genta Andalas merupakan satu-satunya media mahasiswa yang menjadi Official)
  • Media Partner MTQ Mahasiswa Nasional 2013 Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang
  • Media Partner dengan instansi, organisasi, komunitas, dan media lainnya
  • Tulisan-tulisan Anggota Genta Andalas di Media Lokal dan Media Nasional
  • Pers Mahasiswa pertama yang menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) di Sumatera Barat
  • Satu-satunya Lembaga Pers Mahasiswa yang terdaftar di Google News

Motto :

Berkatalah dengan berteriak dan menulis, karena kata adalah senjata.

 

Sejarah Singkat Genta Andalas

Berjuang di Tengah Keterbatasan

Unit kegiatan Pers Mahasiswa Universitas Andalas adalah unit kegiatan yang bergerak di bidang penerbitan berita, Genta Andalas berdiri pada tahun 1975 tetapi pada waktu itu masih bersifat unit kegiatan mahasiswa tingkat fakultas, dan belum bernama Genta Andalas.

Genta Andalas Resmi Berdiri 16 Oktober 1986, tetapi baru tahun 1987 terbit untuk pertama kali dengan Surat Tanda Terbit nomor 336/Ditjen PPG/STT/ 1987, Tapi sayang sempat tidur panjang Sampai pertengahan tahun 1994.

Pada tahun 1994 Genta Andalas kembali terbit tetapi hanya dua edisi tabloid, kemudian tidur panjang lagi karena sistem politik Orde baru yang membungkam suara rakyat hingga ke kampus. Pada tahun 1998, aktivitas lembaga Pers kampus kembali terangsang seiring dengan tuntutan era reformasi total. Genta pun tidak mau tinggal diam, terbukti mampu terbit kembali dalam bentuk buletin, tabloid dan terakhir mini tabloid dengan segala keterbatasannya pada waktu itu. Sejak tahun 1998 Genta sudah punya website di www.goeocities.com yang diganti dengan http://gentaandalas.freeservers.com dan pada akhirnya diganti lagi dengan blog beranama gentaandalas_ua@blogspot.com dan pada akhirnya diganti lagi dengan www.gentaandalas.com.  gentaandalas@yahoo.com, merupakan email terbaru yang dapat digunakan untuk mengirim naskah baik berupa berita seputar kampus ataupun opini Pembaca.

Memasuki tahun 2001 hingga kini Genta Andalas banyak mengalami peningkatan mulai dari peningkatan kuantitas dan kualitas, terbukti dengan didirikannya satu divisi baru yaitu Divisi Penyiaran dengan nama Radio Jingga, seiring dengan kematangan divisi penyiaran maka radio Jingga kemudian memisahkan diri dari Genta Andalas akhir tahun 2003 lalu. Untuk peningkatan kualitas anggota, rutinitas terbit hingga mengangkat kegiatan pelatihan jurnalistik dalam skala wilayah juga dilakukan berbagai kegiatan dan pelatihan.

Pada tahun 2005 berhasil melakukan penerbitan untuk even tingkat nasional yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) dan Universitas Andalas sebagai tuan rumahnya. Genta Andalas menerbitkan tabloid setiap selama 5 hari berturut-turut pada bulan Juli 2005 Sebagai Official Partner pada acara PIMNAS ini.

Satu bulan sebelum itu Genta Andalas berhasil pula mengangkat acara Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar Se-Sumatera Barat I yang dilaksanakan pada Juni 2005. dan Pelatihan yang sama Pada Bulan Februari 2006 dan 2007. Dari tahun 2006 lalu hingga sekarang Genta Andalas telah menjalin kerjasama secara permanen dengan berbagai instansi pemerintah dan sawasta, seperti BBC Siaran Indonesia, PT. Sampoerna (Official media kampus untuk Amild Soundrenaline), PERUM Pegadaian dan Dinas Pariwisata Sumatera Barat.

Pada Tahun 2006 juga, Genta Andalas mencoba membuat terobosan baru, menerbitkan sebuah majalah Edisi I Februari lalu, yang belum pernah dilakukan pada masa sebelumnya bahkan oleh pers kampus lain di Sumatera. Ini merupakan langkah awal dalam penerbitan majalah yang terbit satu kali setahun. Belajar dari pengalaman, Genta selalu berupaya membuat lompatan-lompatan ke depan. Prestasi yang pernah di raih Genta andalas adalah Juara Umum lomba Karikatur Tingkat Sumatera Barat yang diadakan oleh jurusan Seni Rupa UNP dan Juara I Lomba Komik yang diadakan oleh salah Satu Radio Swasta Di Padang, serta beberapa kali mengikuti Even Akbar di tingkat local dan Nasional. Prestasi terbaru yang diraih Genta Andalas yaitu Juara II Lomba Karikatur ynag diadakan oleh BEM KM UNAND.

Para alumni Genta Andalas mayoritas sudah pernah bekerja atau sambilan di sebagian besar koran terkemuka di Kota Padang dan kota besar lainnya di Indonesia, seperti Sdr. Alfitra SE di Harian Pagi Padang Ekspres, Muliya Norvida (Riau TV), Anggia Dwina Nova (Bali TV), Syafrinaldi (Classy FM), (Almh.) Dewi Puspita Hati yang pernah menjadi reporter SCTV, sedangkan non jurnalis dijalankan oleh Febridiansyah yang merupakan peneliti hukum ICW Jakarta.

Untuk menjadi anggota UKPM Genta Andalas, dibutuhkan orang-orang yang berkomitmen. Mereka yang berminat dipersilahkan untuk mengajukan lamaran dan melengkapi syarat-syarat yang ditentukan yang diajukan pada waktu open recruitment. Para peserta juga akan diwawancarai. Mereka yang lulus seleksi wawancara wajib mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar. Setelah itu baru diangkat menjadi anggota magang di Genta Andalas selama beberapa bulan. Kepada anggota magang akan dilakukan penilaian berkala terhadap seluruh aktifitasnya di UKPM Genta Andalas, sampai dianggap layak untuk menjadi anggota Genta Andalas. Selanjutnya bila dinyatakan lulus barulah diangkat menjadi anggota penuh Genta Andalas.

Saat ini ada 3 produk yang diterbitkan Genta Andalas yaitu Genta Strike yang terbit dua kali seminggu, Tabloid Genta Andalas yang terbit satu kali 2 bulan, terakhir Majalah Genta Andalas yang merupakan terbitan perdana dengan skala 2 kali setahun serta tabloid yang terbit dengan edisi khusus. Kepada anggota baru dan anggota penuh UKPM Genta Andalas dilakukan penilaian yang akan dipergunakan untuk penempatan anggota pada jabatan-jabatan. Anggota juga akan belajar mendalami kegiatan yang ada di empat divisi Genta Andalas yaitu Redaksi, Perusahaan, Produksi dan Litbang.

Pola peningkatan keterampilan dan pengetahuan anggota menggunakan prinsip “Experience is the best way to learn.“ Prinsip ini yang terus dipakai hingga kini karena pengalaman merupakan cara terbaik untuk mempelajari suatu hal dengan cepat. UKPM Genta Andalas yang berlokasi di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Lantai II Sayap Kanan, dengan segala keterbatasannya terus berjuang menyalurkan aspirasi mahasiswa untuk menjadi media mahasiswa yang jujur, sportif, terbuka dan terus membangun menuju generasi yang lebih baik di kemudian hari.

scroll to top