Senin, 21 Agustus 2017

Home » Berita » Peran Swasta dalam Global Tiger Day

Peran Swasta dalam Global Tiger Day

6 Agustus 2017 - 2:29 WIB Kategori: Berita, Karya Calon Anggota, Liputan 0 Komentar A+ / A- Dilihat: 148 Kali

Pemateri Seminar Nasional Global Tiger World di gedung Pustaka Unand, lantai 5 Sabtu (5/8/2017).

gentaandalas.com- Memperingati Global Tiger Day, Tiger Heart selaku jaringan volunteer Forum Harimaukita usung tema “Peran Swasta Dalam Konsevasi Harimau Sumatera” pada seminar nasional di Gedung Pustaka Unand lantai 5, Sabtu (5/8/2017).

Global Tiger Day merupakan sebuah peringatan yang dilaksanakan setiap tahun dan bertujuan agar masyarakat lebih peduli serta sadar akan populasi, kelansungan hidup serta konservasi harimau, khususnya di Pulau Sumatra. Jumlah populasi Harimau yang menurun  drastis membuat pihak swasta merasa perlu untuk mengambil langkah dalam mencegah punahnya populasi harimau.

Perwakilan  World Wildlife Fund Indonesia Sunarto mengatakan harimau memiliki wilayah inti (core), buffer dan koridor yang habitatnya berada di derah yang dikelola oleh perusaahaan. Inilah mengapa pihak swasta perlu berkontribusi dalam konservasi harimau.

Dolly Priatna selaku Conservation Head Asia Pulp And Paper (APP) Indonesia merasa perlu untuk berontribusi aktif dalam konservasi harimau agar populasi harimau tetap terjaga, kalau bisa semakin bertambah. “Jumlah populasi harimau awalnya 10.000 ekor sekarang menjadi 3000 ekor saja diseluruh dunia. Beberapa penyebabnya adalah alih fungsi lahan, perburuan dan konflik antara harimau dan masyarakat,” katanya.

Senada dengan itu Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wiratno juga menyampaikan konservasi tidak bisa dikerjakan oleh pemerintah maupun swasta secara terpisah. Hal tersebut tidak lepas juga dari peranan masyarakat, termasuk mahasiswa juga harus ikut SMART Patrol. “Penyadaran masyarakat akan perilaku harimau melalui seminar dan sosialisasi adalah cara yang tepat untuk membantu masyarakat agar lebih mengetahui akan kondisi harimau khusunya di Sumatera,” katanya.

Reporter: Rizqi Aatikah Rambe

Editor     : Endrik Ahmad Iqbal

Peran Swasta dalam Global Tiger Day Reviewed by on . [caption id="attachment_15320" align="aligncenter" width="600"] Pemateri Seminar Nasional Global Tiger World di gedung Pustaka Unand, lantai 5 Sabtu (5/8/2017). [caption id="attachment_15320" align="aligncenter" width="600"] Pemateri Seminar Nasional Global Tiger World di gedung Pustaka Unand, lantai 5 Sabtu (5/8/2017). Rating: 0

Permalink : http://wp.me/p52sAd-3Z5

Tinggalkan Komentar

scroll to top