Senin, 25 September 2017

Home » Wawasan » Manfaat Dadiah bagi Kesehatan dan Ekonomi Masyarakat

Manfaat Dadiah bagi Kesehatan dan Ekonomi Masyarakat

Bersama: Ade Rahmadi S.Pt,MP,*

3 Januari 2017 - 3:48 WIB Kategori: Wawasan 0 Komentar A+ / A- Dilihat: 107 Kali

13922719391217995963_300x448-78706199461Makanan probiotik berfungsi memulihkan dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Di Sumatera Barat (Sumbar) ada makanan probiotik yang dikenal dengan “Dadiah”. Dadiah merupakan makanan yang diolah melalui proses fermentasi alami air susu kerbau di dalam tabung bambu oleh mikroorganisme penghasil asam laktat. Menurut Dosen Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Ade Rahmadi S.Pt,MP, banyak manfaaat dadiah yang harus kita ketahui baik dari segi kandungannnya maupun dari segi ekonomi.

Air susu kerbau yang difermentasikan terbukti bisa mencegah timbulnya diare dan dapat mengurangi kolesterol. Selain itu, juga terbukti bisa meningkatkan kekebalan, menjaga keseimbangan mikroflora di saluran pencernaan sehingga mempercepat difusi makanan dan dapat meningkatkan pertumbuhan. Kemudian, dengan mengkonsumsi dadiah, stamina tubuh kita tetap terpelihara, dapat mempercepat regenerasi sel dan menjaga sel darah merah (eritrosit) agar tidak mudah pecah dan meningkatkan kecerdasan. Dadiah biasanya dikonsumsi untuk sarapan pagi, dicampur dengan ampiang (sejenis kerupuk dari nasi) dan gula kelapa. Dadiah dapat juga dikonsumsi dengan nasi panas dan sambal.

Berdasarkan hasil penelitian, ternyata dadiah juga dapat dikonsumsi untuk menghilangkan gejala sakit kepala, mengobati luka bakar, memar pada kulit, menghilangkan rasa gatal-gatal, dan menghambat perkembangan bakteri pengganggu saluran pencernaan. Uji In-vitri dan In-vivo memperlihatkan daya antimutagenik bakteri Leoconostoc mensenterodies IS-27526 terhadap senyawa Trp-P1. Dengan adanya mekanisme antimutagenik ini bisa mencegah kanker.

Dadiah tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga bermanfaat terhadap ekonomi masyarakat. Peternak kerbau yang melakukan pemerahan susu kerbau untuk dijadikan dadiah memperoleh keuntungan ganda, berupa anak kerbau dan penjualan susu fermentasi dalam bentuk dadiah. Daerah yang berpotensi menjadi penghasil dadiah di Sumbar ialah daerah yang mempunyai populasi kerbau cukup besar dan tersebar pada beberapa Kabupaten yaitu Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Solok. Permintaan dadiah yang meningkat akan berpengaruh terhadap perkembangan usaha peternakan kerbau sebagai komoditi ternak penghasil bahan baku pembuatan dadiah. Serta dapat memberikan nilai tambah bagi peternak.

Hingga saat ini pembuatan dadiah di Sumbar masih menggunakan bambu sebagai kemasan. Volume kemasan berbeda sesuai dengan panjang atau pendeknya bambu yang digunakan dan sekaligus ini juga mencirikan daerah asal produk dadiah tersebut. Seperti dadiah yang diproduksi dari Bukittinggi dikemas dalam tabung bambu yang pendek saja. Satu liter susu kerbau menghasilkan lima tabung dadiah. Sementara pada daerah lain seperti di Kabupaten Solok dan Kabupaten Sijunjung mempunyai kemasan dari tabung bambu yang lebih panjang dengan volume lebih banyak dan harga jual yang lebih tinggi.

Sebagai makanan spesifik masyarakat Sumbar sudah biasa mengkonsumsi dadiah dalam bentuk “emping dadiah” yaitu dadiah yang dicampur dengan emping ketan dan manisan gula aren. Kemudian, sebagian masyarakat juga mengkonsumsi dadiah yang ditambahkan irisan bawang merah dan cabe merah sebagai pengganti lauk pauk teman makan nasi. Beragam manfaat dari produk dadih tersebut seharusnya dadih di jaga kelestariannya apalagi di kalangan anak muda zaman sekarang supaya makan khas Sumbar ini di kenal banyak orang sampai ke luar negri.(Renal)

*Dosen Fakultas Peternakan, Universitas Andalas

Manfaat Dadiah bagi Kesehatan dan Ekonomi Masyarakat Reviewed by on . Makanan probiotik berfungsi memulihkan dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Di Sumatera Barat (Sumbar) ada makanan probiotik yang dikenal dengan “Dadiah”. Makanan probiotik berfungsi memulihkan dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Di Sumatera Barat (Sumbar) ada makanan probiotik yang dikenal dengan “Dadiah”. Rating: 0

Permalink : http://wp.me/p52sAd-3u9

Tinggalkan Komentar

scroll to top