Senin, 21 Agustus 2017

Home » Berita » Mahasiswa KKN Berbagi Ilmu Cara Pembuatan Pupuk Kompos

Mahasiswa KKN Berbagi Ilmu Cara Pembuatan Pupuk Kompos

9 Agustus 2017 - 7:43 WIB Kategori: Berita 0 Komentar A+ / A- Dilihat: 42 Kali

Penyuluhan dari mahasiswa KKN, di Aur Seriau, Tj.Bonai Aur Selatan, Rabu (9/8/2017)

gentaandalas.com- Pupuk kompos bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk meningkatkan hasil pertanian. Hal ini diutarakan salah seorang mahasiswa Jurusan Ilmu Tanah, Miftahul Rizki. Ia menyebutkan bahwa pupuk kompos tidak memiliki efek samping. “Pupuk kompos sangat baik digunakan untuk tanaman karena tidak ada efek samping. Selain itu, jika menggunakan pupuk kompos, kesuburan tanah akan tetap terjaga,” katanya saat memberikan penyuluhan di Aur Seriau, Tj.Bonai Aur Selatan, Rabu (9/8/2017).

Dalam pembuatan pupuk kompos bahan yang diperlukan, kata Mifta, hanya seperti dedaunan, sampah rumah tangga, tanah, kotoran ternak, EM4, dan air. “Jika tidak ada EM4, tidak masalah. EM4 berfungsi untuk mempercepat pembusukan,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, jika melakukan pembuatan pupuk kompos dengan menggunakan dedaunan, dianjurkan untuk mencincang  sampai ukurannya menjadi halus atau kecil. Setelah dicincang, dedaunan tersebut dicampurkan dengan 3-4 dayung tanah. ” Tambahkan juga 3-4 dayung kotoran ternak. Setelah bahan tersebut tercampur, siram dengan 2 dayung air,” tambahnya.

Kemudian, setelah teraduk, kata Mifta, aduk semua bahan dan masukkan ke dalam karung atau plastik sampah. Lalu, Mifta berpesan agar karung atau plastik tersebut ditutup dengan rapat serta diikat dengan tali. “Setelah dua minggu, buka kembali karung dan aduk kembali dengan kompos. Jika terlalu kering, tambahkan kembali air secukupnya. Kemudian, tutup kembali sampai kompos matang dan siap digunakan,” ujarnya. Mifta menambahkan kompos matang jika kompos tidak berbau, tidak mirip seperti tanah dan berwarna coklat kehitaman. ” Tidak ada lagi bahan yang berwarna hijau, serta tidak basah. Jika ada, berarti kompos tersebut belum siap digunakan,” kata Mifta.

Reporter: Rizka Desri Yusfita

Editor: Rafikha Novita Sari

 

Mahasiswa KKN Berbagi Ilmu Cara Pembuatan Pupuk Kompos Reviewed by on . [caption id="attachment_15332" align="aligncenter" width="600"] Penyuluhan dari mahasiswa KKN, di Aur Seriau, Tj.Bonai Aur Selatan, Rabu (9/8/2017)[/caption] ge [caption id="attachment_15332" align="aligncenter" width="600"] Penyuluhan dari mahasiswa KKN, di Aur Seriau, Tj.Bonai Aur Selatan, Rabu (9/8/2017)[/caption] ge Rating: 0

Permalink : http://wp.me/p52sAd-3Zh

Tinggalkan Komentar

scroll to top