Senin, 25 September 2017

Home » Berita » Dies Natalis FISIP, Mahasiswa dan Dosen Banjir Prestasi

Dies Natalis FISIP, Mahasiswa dan Dosen Banjir Prestasi

17 Mei 2017 - 8:44 WIB Kategori: Berita, Liputan 0 Komentar A+ / A- Dilihat: 164 Kali

Salah satu kegiatan Dies Natalis Fisip Unand yaitu orasi ilmiah sedang dilaksanakan di Convention Hall Unand, Rabu (17/5/2017).

gentaandalas.com- Tidak semua mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang mengetahui karya-karya dosennya. Melalui Dies Natalis ke-24 Fisip yang dilaksanakan di Convention Hall Universitas Andalas inilah sebagai ajang sosialisasi untuk karya dosen dan mahasiswa, Rabu (17/05/2017).

Pada perayaan ini dilaksanakan lounching 22 buku karya dosen fisip dan pengumuman 35 mahasiswa beprestasi. Beberapa diantara karya dosen yaitu Pondoh “Baremoh” dan “Payung ceper” (Perilaku Menyimpang di Lokasi Wisata) karya Drs. Wahyu Pramono, MSi. Kemudian salah satu mahasiswa berprestasi, Kangen Drivama sebagai First Winner NUDC tingkat regional X tahun 2017 yang juga telah banyak memperoleh beragam penghargaan.

Selain itu, orasi ilmiah juga diselenggarakan pada perayaan ini. Mantan Ketua Jurusan Sosiologi, Elfitra menyampaikan dalam Orasi Ilmiah yang berjudul “Pembangunan dan Modernisasi Pertanian”, bahwa perkembangan dan komersialisasi pertanian melalui program revolusi hijau merupakan fakta yang sangat jelas sebagai indikator. Ketika petani mulai mengenal inovasi teknologi yang mampu menghasilkan surplus produksi, tetapi disisi lain juga membawa dampak dan perubahan, sehingga tujuan pembangunan itu sendiri tidak benar-benar tercapai.

Elfitra menilai, modernisasi pertanian daerah pedesaan yang dilakukan oleh pemerintah tidak selalu membawa hasil yang sesuai dengan tujuan pembangunan itu sendiri. Perubahan struktur agraris telah mengakibatkan terjadinya stratifikasi komunitas petani, meningkatnya jumlah petani komersial dan jumlah petani yang bertanah, serta melemahnya hubungan prinsip moral tradisional. “Berdasarkan penelitian yang saya lakukan di Pasaman Barat keberadaan perkebunan kelapa sawit telah menyebabkan terjadinya pengelompokan masyarakat berdasarkan akses dan penguasaan tanah yang selanjutnya menjadi embrio munculnya stratifikasi sosial di pedesaan,” terang Elfitra.

Sebagai salah satu mahasiswa yang menerima penghargaan, Kangen berharap semoga acara ini dapat berlangsung setiap tahun. “Selain kita tahu apa saja yang telah dilakukan oleh dosen,  terdapat juga apresiasi untuk memotivasi mahasiswa,” tutupnya. (Metria, Rival)

Editor : Endrik

Dies Natalis FISIP, Mahasiswa dan Dosen Banjir Prestasi Reviewed by on . [caption id="attachment_14777" align="aligncenter" width="600"] Salah satu kegiatan Dies Natalis Fisip Unand yaitu orasi ilmiah sedang dilaksanakan di Conventio [caption id="attachment_14777" align="aligncenter" width="600"] Salah satu kegiatan Dies Natalis Fisip Unand yaitu orasi ilmiah sedang dilaksanakan di Conventio Rating: 0

Permalink : http://wp.me/p52sAd-3Qk

Tinggalkan Komentar

scroll to top