Beranda Berita Dekan FMIPA Imbau Civitas Akademika FMIPA Tak Berbelanja di PKL

Dekan FMIPA Imbau Civitas Akademika FMIPA Tak Berbelanja di PKL

Salah seorang mahasiswa dan pedagang kaki lima di koridor FMIPA Unand, Rabu (8/9/2017). (Foto: Azalia Mutiara Fitri)

gentaandalas.com- Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas (Unand) Mansyurdin mengeluarkan surat edaran Nomor 26/6/UN16.03.D/TU/2017. Surat tersebut dikeluarkan pada tanggal 4 Agustus 2017 mengimbau kepada semua dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa untuk tidak berbelanja pada pedagang kaki lima (PKL) di koridor FMIPA. Hasil keputusan ini didasarkan pada rapat manajemen meeting pimpinan FMIPA Unand pada Rabu 2 Agustus 2017.

Mansyurdin mengatakan bahwa berjualan di koridor tersebut membuat koridor FMIPA tampak tidak rapi, apalagi saat dikunjungi pimpinan kampus dan tamu yang datang. Para pedagang sudah diberi peringatan pada 2016 silam, namun PKL tidak mengindahkan peringatan tersebut. Surat edaran yang dikeluarkan sekarang ini merupakan altermatif untuk memberi efek kepada PKL agar segera pindah. “Tidak ada maksud untuk mengusir, rencananya PKL tersebut akan di relokasi dekat cafe Fakultas MIPA atau di gedung C. kalau mereka mau maka akan kami fasilitasi untuk pembuatan tempat dagangannya,” ungkapnya saat ditemui di ruangan dekanat, Rabu (9/8/2017).

Mansyurdin juga mengaku sudah membujuk dengan cara halus, namun pedagang  tidak menanggapi pihak fakultas yang memberitahukan larangan berjualan tersebut. Para PKL yang berjualan sudah ditawarkan tempat untuk berdagang, tapi mereka (PKL-red) tetap menolak dengan dalih mempunyai saudara polisi yang akan membantu jika tidak dibolehkan berjualan.

Wakil Dekan II FMIPA Adlis Santoni menambahkan surat edaran tersebut akan  ditambah dan diselipkan pada map kuliah. “Di dalam kelas, dosen juga diharapkan akan mensosialisasikan lagi surat edaran tersebut agar seluruh mahasiswa tidak berbelanja pada PKL,” tambahnya.

Reporter: Endrik Ahmad Iqbal, Metria Indeswara

Editor: Ulfa Sevia Azni

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here