Beranda Berita Bus Unand Terguling, Sopir Meninggal Dunia

Bus Unand Terguling, Sopir Meninggal Dunia

12696346_1206561269372695_1680115020_ogentaandalas.com- Sekitar pukul 17.45 WIB, Bus Universitas Andalas (Unand) terguling masuk ke tebing di bawah gerbang kampus dan mengalami rusak parah di bagian depannya. Bus yang dikendarai oleh Asril Jaini ini membawa sekitar 40 orang mahasiswa.

Menurut saksi mata, bus ini kehilangan kendali karena rem blong. “Rem bus mengalami blong dan bus berupaya menghindari mobil warna cokelat dekat bundaran,” tutur David, mahasiswa Jurusan Pertanian angkatan 2013. Bus tersebut juga menyenggol sebuah sepeda motor yang berada di depannya. Hal ini dikarenakan supir hilang kendali sehingga motor yang ada di depannya juga ikut terseret.

Saksi lainnya mengatakan bus tersebut meluncur kencang ke bawah tebing. “Saat itu Mak sedang berjualan, tiba-tiba ada bus yang meluncur ke bawah tepat dekat kedai Amak,” ujar Dina, wanita paruh baya ini.

Salah seorang korban, Tomi Firdaus mengatakan bus telah kehilangan kendali sejak pertengahan antara Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) menuju gerbang Unand. “Bapak bus berteriak di dekat penurunan sebelum gerbang Unand. Sebagian pengendara yang mendengar teriakan tersebut langsung menyingkir,” ujar korban yang mengalami patah tulang ini. Tomi menambahkan saat itu keadaan bus penuh dan ada beberapa penumpang yang berdiri.

Hingga berita ini diturunkan, salah seorang menjadi korban jiwa dalam kecelakaan ini, yaitu sopir bus. Korban meninggal setelah dilarikan ke Rumah Sakit (RS) M. Djamil, Padang. Korban lainnya juga dilarikan ke beberapa rumah sakit terdekat, diantaranya RS Semen Padang, Yos Sudarso, RS Tentara. Mahasiswa yang menjadi korban mengalami patah tulang dan luka parah. (Fika, Wati)

38 KOMENTAR

  1. bus 1 itu kalau tak salah pintunya depannya sudah tak ada ya? jadi kalau melaju memang dilarang berdiri di dekat pintu.. dulu sempat juga kaca belakang bus pecah, tapi akhirnya diperbaiki lagi sih..

  2. setau saya kalau mahasiswa 012 yang belum ukt, dibebankan Rp200.000 per semester untuk bus. dikalikan sekitar 4500 orang per angkatan, berarti udah Rp900juta. itu baru yang untuk satu angkatan. BP 13-15 dengan sistem ukt tentu ada juga dana yang dialokasikan untuk bus

  3. ini sudah menjadi teguran keras kepada orng2 d rektor untuk lebih memperhatikan kondisi smua bus yg beroperasi. dengan bnyak ny jumlah mahasiswa dan setiap mahasiswa membyar 200 rb per smester dengan mndapatkn fasilitas bus kampus yg tergolong tidak layak. mending klo kyk gni dihapuskan aja uang bus itu, biar lebih jelas dan jgn di salah gunakan .

  4. bus unand ada yang sudah tak layak pakai lagi. bus 01 itu ketika berjalan saja ada bunyi berderik. kenapa pihak kampus tak mengganti bus yang sudah tak bagus untuk dipakai? tak hanya bus 1, bus2 lainnya juga ada yang kondisinya serupa itu. kenapa bus baru yang bagus hanya disimpan-simpan saja? kenapa mahasiswa masih saja berdesak-desakan di bus. kenapa tak beli bus baru? kenapa bus tak diperbanyak? kenapa dari nomor bus hingga angka 35, tapi kadang susah sekali menemukan bus di waktu2 tertentu. hah, terlalu banyak tanya kenapa

  5. Bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi, mungkin lebih terasa bagaimana suka duka menumpangi bus tersebut. Semoga ke depannya pihak kampus dan pemerintah, lebih memperhatikan kondisi bus di Unand. Selamat jalan Pak In, selamat jalan kak dewi. ;'(

  6. Kita lihat nanti, apakah kejadian ini bisa menjadikan pihak kampus lebih berhati-hati lagi dengan mengganti bus yang tak layak pakai. Atau hal ini akan berlalu begitu saja? Kita lihat nanti.. waktu menjawab

  7. semua komentar d atas memang benar adanya.. kondisi bus sangat mmprihatinkan.. bus 01 slalu pnuh dngan mahasiswa, karena almrhum slalu mnjmput kami k kampus walau sudah sangat sore.. bus lain juga, tapi tak bnyak yang beroperasional hingga sore..
    smoga ini mnjadi perhatian kita semua.. trutama mereka yg berwenang.. dengan dana yg cukup besar dan kondisi bus yang kurang layak, apakah masih bisa d bilang bus d rawat dengan baik? Dan lagi,, bus bagus2 bnyak yg hnya parkir d pull bus..
    terkadang bus tidak ad di jam2 tertentu..
    Dan satu lgi yg menyedihkan, biaya peminjaman bus cukup besar.. Padahal bus sering d pinjam dan gunakan untuk kepentingan perkuliahan.. smga k depannya jauh lebih baik.. dan komentar kita d pertimbangkan.. aamiiiin..

    Maaf jika ad kata2 yg salah..

  8. Kalau bus tidak dibuang ke kiri kiranya bus akan melaju lebih kencang ke arah psar baru, pilihan terbaik dari supir.

    Pihak unand atau pengendara skalian hendaknya memperhatikan bagian rem sblum dioperasikan.

    Untuk genta, hendaknya agar lebih disaring lagi berita yang masuk, jangan seperti kemarin.

  9. Kondisi bus sangat memprihatinkan bukan hanya bus 01 tapi juga bus yg lainnya seharusnya setiap tahun bus itu cek apakah masih layak pakai atau nggak.. Bukankah dana yg dialokasi kan untuk bus cukup besar ? Malahan kita juga dapat sumbangan bus dari Pemerintah kan ? Kenapa bus yg di berikan kepada mahasiswa seperti tidak layak pakai ? Padahal kami ( mahasiswa ) juga membayar uang bus setiap semester nyaa. Seharusnya bus yg di berikan kepada mahasiswa dalam kondisi yg nyaman agar mahasiswa tidak takut untuk menaiki nya, lalu Supir bus juga kadang terlalu ngebut untuk membawa bus di daerah kampus, kadang juga selalu berhenti mendadak tanpa menggunakan sen, itukan juga dapat membahayakan yg lainnya terutama pengguna motor. Semoga ini menjadi teguran untuk rektor agar lebih memperhatikan keselamatan para penumpang, dan untuk Pak Supir bus 01 semoga amal ibadah bapak di terima disisi nyaa, terima kasih telah mengantarkan kami ( mahasiswa ) untuk kuliah demi masa depan yg cerah.. Dan juga untuk mahasiswi tekhnik industri bp 12 semoga amal ibadah nya di terima disisi nyaa amiiin.. Dan jugaa untuk penumpang lainnya yg masih dalam keadaan luka parah atau ringan semoga dapat diberikan kesembuhan
    Maaf jika ada kesalahan atau kata” yg menyinggung

  10. Kami sekeluarga turut berduka cita yang sedalam dalamnya atas musibah yang menimpa beberapa orang mahasiswa Unand meninggal dunia dan beberapa orang lain mengalami luka luka dan saat ini dirawat dibeberapa rumah sakit di kota Padang disebabkan tergelincirnya Bus Mahasiswa sore kemarin.
    Semoga arwah para korban diberi tempat yg baik disisi Tuhan Yang Maha Esa .Dan bagi yg masih dirawat di RS semoga segera diberi kesembuhan dan kepada para keluarga dan keluarga besar Unand semoga pula bersabar menerima musibah ini. Innalillahi wainnailaihi rajiun wass Muslim kasim/klg.

  11. Innalilahiwainnallihirojiun, turut brduka
    Bus 01 ko dr dlu mmg plg setia,,klau lh lwt dr jm 4 t biaso ny bus yg lain lh hbs msuk kndang, tpi slut jo bus ciek ko kdg lh mlm hr ny ttaap jo ma ete2 k ateh k bwah,

  12. semoga kejadian ini memberikan banyak hikmah, terutama untuk pihak kampus..
    perlu perhatian lebih untuk sarana seperti bus kampus (perawatan, kir, dana perbaikan) serta kondisi jalan di gerbang, dsb
    semoga almarhum dan amarhumah ditempatkan di tempat terbaik di sisi Nya, semoga khusnul khotimah..

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here