Beranda Berita Badan POM Rencanakan Aksi Nasional Pemberantas Penyalahgunaan Obat dan Makanan

Badan POM Rencanakan Aksi Nasional Pemberantas Penyalahgunaan Obat dan Makanan

Penny Kusumastuti Lukitto menyampaikan kuliah umun di gedung Convention Hall Unand, Jumat (11/8/2017).

gentaandalas-com- Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) Indonesia akan melaksanakan program aksi nasional pemberantas penyalahgunaaan produk obat dan makanan. Hal tersebut dilontarkan Ketua Badan POM Penny Kusumastuti Lukito dalam kuliah umum tentang pengawasan produk obat dan makanan di Convention Hall Unand, Jumat (11/8/2017).

Penny Kusumastuti Lukito mengatakan perlunya edukasi untuk masyarakat agar lebih waspada terhadap mengkonsumsi obat dan makanan. “Bagian dari pengawasan adalah mengedukasi masyarakat hingga masyarakat menjadi konsumen yang cerdas,” katanya.

Aksi nasional ini dilaksanakan karena adanya produksi obat-obat keras secara ilegal yang digunakan massal oleh masyarakat termasuk untuk anak-anak sehingga memunculkan isu sosial.

Sekarang ini BPOM dan kepala pusat informasi bekerja sama dalam mengembangkan suatu aplikasi, untuk bisa menentukan apakah obat tersebut asli atau obat tiruan dengan memberikan serial numbernya. Aplikasi ini ditargetkan dapat digunakan di tahun ini.  Kemudian BPOM juga akan memberikan fasilitas terhadap produk obat dan makanan. Fasilitas tersebut diberikan secara berkala kepada produk tertentu, jika hasilnya memuaskan baru dilakukan secara keseluruhan.

Apoteker muda dari Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia Perintis Indonesia Wendy Febri Aulia mengatakan acara tersebut sangat bermanfaat. “Saya berharap cabang Badan POM ada setiap daerah kabupaten maupun kota,” katanya.

Reporter: Gefi Zulmiati Lannur dan zurriati fadilla

Editor: Endrik Ahmad iqbal

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here